Tes Vacation Trainee Schlumberger

Mungkin kalo yang belum familiar/kerja/kuliah berhubungan dengan dunia perminyakan belum pernah denger perusahaan yang namanya SCHLUMBERGER (kalo mau jelas silahkan kunjungi situsnya). Sama dengan saya ketika mendaftar pertama kali untuk ikut program magangnya yang bernama VACATION TRAINEE.

Nah, kali ini saya mau share bagaimana proses dari awal tes sampai akhirnya diterima sebagai peserta VT (Vacation Trainee). Setau saya sih kayanya untuk beberapa perusahaan besar menjadikan program magangnya sebaga pre-employement process jadi lulusan magang nanti kalo bagus magangnya bisa melanjutkan bekerja sebagai karyawan perusahaan tanpa mengulang tes dari awal.

Proses pertama apapun tesnya dan lowonganya sudah pasti harus lulus administrasi ya. Agar lebih jelas lihat gambar berikut.


Kalo lulus tahap ini barulah kita masuk ke tes sesungguhnya 😄. Ingat ya semua tes dalam bahasa inggris.

Tes pertama berupa quick answer. Jadi nanti kita dipanggil, mengambil kartu yang isinya berupa pertanyaan, nah setalah itu kita menjawab dalam bahasa inggris yang lancar, baik, dan benar. Dulu saya jadi VT tahun 2013 dapet pertanyaan arti sebuah manajemen kalo tidak salah. Ini tes pembersihan kayanya, karena yang pada awal ruangan tes penuh sesak, ketika tes kedua jadi cukup sepi karena banyak yang gagal.

Tes kedua ngerjain soal biasa pilihan ganda, soalnya dalam bahasa inggris berupa matematika, fisika, sama elektronika dasar. Materi pelajaran SMA lah. Tidak sulit ko buktinya saya lulus 😅.

Tes ketiga itu namanya FGD (Focus Group Discussion). Ini beda2 tiap kampus karena saya nanya teman yang lain seangkatan VT. Waktu itu yg saya alami tiap grup membuat bangunan rig dengan kertas dan membuatnya tinggi2. Group dengan kertas tertinggi menang. Tapi sesuai dengan namanya yang dinilai lebih penting adalah proses diskusi selama kerja berlangsung. Kamu harus aktif ya biar dinilai bagus.

Nah setelah semua lulus barulah kita akan diinterview oleh HRD, pertanyaannya standar tentang kita, kegiatan kampus, keluarga kita, pilihan ingin magang sebagai apa (hanya ada dua, engineer atau maintenance), hal-hal umum lainnya. Ini juga full Inggris ya, dijawab dengan baik dan lancar. Karena ini pre-employment, maka nanti ditanya kesiapan kita juga mengenai suasana, lingkungan dan lokasi kerja.

Yang lebih istimewa dari VT schlumberger selain tentu saja segudang pengalaman, kita akan digaji (bingung istilahnya apa) 3 juta rupiah (ini 2013 lho, gtw skrg). Enak kan?


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Tes Vacation Trainee Schlumberger"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Apakah benar di SLB mendapatkan benefit apart/hotel gratis selama work disana kak?

    ReplyDelete

komen dengan bijak ya...